Kegiatan Badan Adhoc

Strategi Sosialisasi Pilkada 2024: PPK Kalimanah Gelar Rapat Kerja untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

BLATER - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalimanah menggelar rapat kerja (raker) terkait strategi sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Rabu, (12/06/2024).

Berlokasi di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah acara berlangsung hangat dan lancar. Kegiatan ini dihadiri 17 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM se-Kecamatan Kalimanah.

Asep Mulyawan selaku Ketua PPK Kalimanah menghimbau kepada seluruh PPS yang hadir untuk secara rutin mengadakan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial.

"Selain sosialisasi tatap muka, PPK dan PPS dituntut untuk bisa membuat konten sosialisasi di media sosial," terangnya.

Masifnya penggunaan perangkat digital oleh masyarakat, membuat media sosial menjadi alat yang cukup efektif untuk sarana sosialisasi.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024.

"Pembuatan konten yang menarik baik berupa poster, pamflet, foto ataupun video diharapkan dapat meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat di Pilkada 2024," ujarnya.

Dalam acara ini, PPK Kalimanah menghadirkan Muji Prasetyo, Ketua PPK Kutasari yang juga aktif di media sosial untuk berbagi pengetahuan mengenai publikasi konten berupa foto dan video berkaitan dengan Pilkada 2024.

Muji mengatakan salah satu bekal utama dalam membuat konten yang menarik adalah keterampilan dalam menggunakan aplikasi edit foto, gambar, ataupun video sederhana seperti CapCut dan Canva.

“Salah satu strategi yang kami gunakan adalah ATM, yakni Amati, Tiru dan Modifikasi,” katanya.

Tak hanya Muji, hadir pula Gilang Grahita, PPS Karangmanyar yang berbagi ilmu mengenai bagaimana menulis artikel berita yang efektif dan efisien.

“Satu hal yang harus digaris bawahi dalam menulis artikel, bahwa kita cukup mengabarkan sebuah kegiatan saja tanpa beropini macam-macam,” jelas  pria yang aktif menulis di media lokal.

Gilang menerangkan bahwa artikel mengenai tahapan kegiatan Pilkada 2024 ini setidaknya memuat 5W + 1H, yakni What, When, Where, Who, Why and How.

Raker kali ini bisa menjadi bekal bagi peserta dalam membuat konten sosialisasi yang menarik perhatian masyarakat. Harapannya, konten tersebut bisa mendongkrak jumlah partisipasi masarakat di Pilkada 2024.

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 41 kali