Kegiatan Badan Adhoc

Raker Strategi Sosialisasi Pilkada 2024, Ketua PPK Kalimanah Tekankan Pentingnya Media Sosial

KALIMANAH - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kalimanah menggelar rapat kerja (raker) terkait strategi sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada Rabu, (12/06/2024).

Kegiatan yang bertajuk Rapat Kerja Strategi Sosialisasi dan Publikasi Serta Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024 di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah dihadiri oleh 17 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Se-Kecamatan Kalimanah.

Dalam Raker tersebut, Ketua PPK Kecamatan Kalimanah Asep Mulyawan menekan pentingnya sosialisasi Pilkada 2024 menggunakan media digital khususnya sosial media (sosmed).

"Selain sosialisasi tatap muka, PPK dan PPS dituntut untuk bisa membuat konten sosialisasi di media sosial," kata Asep Mulyawan.

Menurut Asep, konten yang menarik terkait sosialisasi Pilkada 2024 di sosial media dapat meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Distribusi informasi di ranah digital yang bergerak dengan cepat membuat sosial media menjadi salah satu sarana sosialisasi yang efektif.

"Pembuatan konten yang menarik baik berupa poster, pamflet, foto ataupun video diharapkan dapat meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat di Pilkada 2024," ujarnya.

Asep Menambahkan, konten sosialisasi Pilkada yang dibuat di berbagai medsos seperti Tiktok, Instagram, ataupun Facebook bisa disebar dalam bentuk tangkapan layar dan link di grup Whatsapp desa/kelurahan setempat.

“Nantinya, konten yang sudah diposting dalam bentuk tulisan, gambar maupun video bisa disebar melalui grup WA lokal di desa/kelurahan seperti grup PKK, RT dan Karangtaruna. Dengan demikian, distribusi informasi terkait Pilkada 2024 jadi lebih maksimal,” tuturnya.

Dalam acara ini, ada juga sesi sharing terkait publikasi kepemiluan dalam bentuk video, foto, dan gambar serta tulisan artikel berita.

Muji Prasetyo hadir sebagai pembicara yang ahli dalam membuat konten sosialisasi kepemiluan di media sosial membagikan ilmunya.

Muji mengatakan salah satu bekal utama dalam membuat konten yang menarik adalah keterampilan dalam menggunakan aplikasi edit foto, gambar, ataupun video sederhana seperti CapCut dan Canva.

“Untuk edit video bisa pakai Capcut, sementara itu untuk edit gambar atau foto untuk postingan Instagram bisa pakai Canva.” katanya.

Muji yang saat ini menjabat sebagai Ketua PPK Kutasari meberikan tips dan strategi untuk membuat konten Pilkada 2024.

“Salah satu strategi yang kami gunakan adalah ATM, yakni Amati, Tiru dan Modifikasi,” katanya.

Dengan mengamati tren yang sedang viral di media sosial seperti Tiktok, Muji dapat membuat konten video sosialisasi kepemiluan sesuai dengan selera pemilih muda.

“Untuk membuat konten sosialisasi yang kekinian, kita bisa mengambil konsep dari video Tiktok yang FYP (For Your Page) atau ramai menjadi rekomendasi ke-banyak pengguna,” terangnya.

Raker kali ini bisa menjadi bekal bagi peserta dalam membuat konten sosialisasi yang menarik perhatian masyarakat. Harapannya, konten tersebut bisa mendongkrak jumlah partisipasi masarakat di Pilkada 2024.

Bagikan:

facebook twitter whatapps

Telah dilihat 47 kali