Purbalingga, KPU Purbalingga akan melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih Pilbup Purbalingga tahun 2020, pada hari Jumaat, 22 Januari 2020, Pukul 09.00 Wib di Aula KPU Purbalingga.

Rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih, mendasari surat dari Mahkamah Konstitusi RI nomor 165/Pan.MK/01/2021, tgl. 20 Januari 2021, dan surat KPU RI, nomor 60/PI.02.7-SD/03/KPU/I/2021, tanggal 20 Januari 2021.

Dalam rapat pleno kali ini KPU Purbalingga akan mengundang seluruh pasangan calon, Parpol, dan Bawaslu. Tentu dalam tahapan ini kita tetap melaksanakan protokol kesehatan, apalagi sekarang di Purbalingga sedang melaksanakan PPKM.

Kepastian Rapat pleno ini menjawab akan penantian publik terkait waktu penetapan calon, dan baru kali ini kami memberi kepastian, karena tahapan ini harus mendasari surat dari MK, tentang keterangan perkara prrselisihan hasil pemilihan yang di registrasi oleh Mahkamah Konstitusi, yang juga akan di gunakan sbg lampiran persyaratan pelantikan bagi calon terpilih.

Setelah penetapan calon terpilih, proses selanjutnya KPU Purbalingga akan mengirimkan berkas penetapan kepada DPRD Purbalingga utk di proses pelantikannya. Termasuk kami sampaikan kepada Bawaslu, dan Paprol. Dengan penetapan pasangan calon terpilih, maka tanggungjawab KPU Purbalingga dalam melaksanakan tahapan Pilbup di Purbalingga telah selesai, dan proses selanjutnya merupakan kewenangan dan tanggunjawab dari DPRD dan pemerintah daerah.

Kami sampaikan apresiasi setingi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan Pilbup Purbalingga, sehingga Pilbub berjalan dengan lancar dan damai, termasuk kepada seluruh masyarakat Purbalingga, di mana partisipasi pemilih mengalami kenaikan yg signifikan yaitu 73,02%. Bila di banding partisipasi pada th 2015, berarti Pilbup 2020, partisipasinya mengalami kenaikan 13.02 %.