PURBALINGGA -- Dalam upaya meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat, KPU Kabupaten Purbalingga melaksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih di Desa Langgar Kecamatan Kejobong yang merupakan desa/kelurahan dengan tingkat partisipasi masyarakat terendah di Kabupaten Purbalingga pada Rabu (7/4). Acara yang digelar di Balai Desa Langgar tersebut diisi oleh Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Andri Supriyatno serta dihadiri oleh Dr. Indaru Setyo Nurprojo, S.IP., M.A. selaku Dosen Fisip Unsoed sebagai pembicara. Sedangkan undangan adalah perangkat desa dan tokoh masyarakat di Desa Langgar tersebut.

Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Langgar ini fokus mengangkat tema tingkat partisipasi masyarakat Desa Langgar Kecamatan Kejobong, yang mana diketahui bahwa tingkat partisipasi masyarakat Desa Langgar dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Tahun 2020 adalah 57,20% dengan jumlah pemilih dalam DPT sebesar 5.054 dan pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebesar 2.892 pemilih, baik pemilih Laki-laki maupun Perempuan.

Indaru dalam pemaparannya menjelaskan tentang pentingnya Pemilihan, baik itu Legislatif, Presiden maupun Kepala Daerah. Pemilihan bukan hanya sekedar memilih pemimpin, namun juga turut serta membangun daerahnya atau bahkan desanya, sehingga hak pilih pemilih walaupun di desa/dusun jangan sampai sia-sia. Biasanya karena kekecewaan terhadap pemimpin dan harapan palsu yang akhirnya membuat warga tidak menggunakan hak pilihnya. Seharusnya ini tidak bisa dijadikan senjata untuk tidak memilih, karena bagaimanapun, pemimpin yang terpilih akan turut menentukan nasib semua masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diantaranya terdapat warga yang mengklarifikasi bahwa tingkat partisipasi rendah karena kurang lebih 25% warga Desa Langgar adalah masyarakat perantauan.

KPU Kabupaten Purbalingga akan terus melaksanakan sosialisasi meskipun tidak dalam tahapan Pemilihan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19, dengan menerapkan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga jarak) dan di setiap kegiatan akan diwajibkan untuk dicek suhu terlebih dahulu dan dengan pembatasan jumlah peserta. KPU Kabupaten Purbalingga berharap mereka yang hadir dalam sosialisasi kali ini dapat menyebarluaskan informasi yang didapatkan kepada lingkungan terdekatnya.

“Apa yang disampaikan oleh masyarakat Desa Langgar akan menjadi catatan bagi kami, oleh karenanya kami ucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya,” tutup Andri Supriyatno.