Purbalingga -- Pada hari Senin, 6 Januari 2020 bertempat di Aula KPU, KPU Kabupaten Purbalingga mendapat kunjungan kerja dari Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Monitoring Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020. Pada kesempatan tersebut hadir seluruh anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, dipimpin oleh Ketua Komisi A, Bapak Mohammad Saleh, ST. Hadir pula Ketua dan Angggota Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga beserta jajaran sekretariat.

Pada acara tersebut dipaparkan materi mengenai kesiapan KPU Purbalingga dalam menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020. Dalam pemaparannya, Ketua KPU Purbalingga, Eko Setiawan, menyampaikan bahwa dalam mengukur kesiapan penyelenggaraan pemilihan dapat dilihat dari 3 (tiga) aspek, yaitu anggaran, regulasi dan personil. Dalam hal anggaran, disampaikan bahwa KPU Purbalingga telah menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga sebesar Rp 30.303.292.000,-  sebagai sumber dana penyelenggaraan Pilbup Purbalingga 2020. Lalu dari segi regulasi, KPU Purbalingga, hingga bulan Desember 2019, telah menerbitkan 13 (tiga belas) Surat Keputusan yang akan menjadi pedoman dalam melaksanakan Pilbup Purbalingga 2020. Sementara dari segi personil, pada tanggal 15 Januari nanti akan dimulai tahapan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilbup Purbalingga 2020. "Selain itu juga akan ada penambahan tenaga pendukung untuk membantu tugas sekretariat dalam pilkada mendatang," pungkas Eko.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan sesi diskusi antara Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah dengan KPU Purbalingga. Dalam diskusi tersebut dibahas banyak hal, mulai dari kesiapan KPU Purbalingga menerima calon perseorangan, kesejahteraan badan penyelenggara, tingkat partisipasi masyarakat yang cenderung rendah saat pilkada, alat peraga kampanye, strategi sosialisasi, persyaratan calon hingga potensi terjadinya politik uang. Pasca diskusi disampaikan pula saran dan harapan dari Anggota Komisi A agar Pilbup Purbalingga 2020 nanti mampu berjalan lancar sesuai dengan rencana.