Purbalingga – Tugas KPU Kabupaten Purbalingga dalam menyelenggarakan tahapan Pemilu 2019 nampaknya belum selesai. Salah satunya adalah pembongkaran kotak suara yang digunakan dalam Pemilu Tahun 2019 kemarin.
Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU RI nomor 35 tahun 2018 tentang Pengelolaan Perlengkapan Pemungutan Suara dan Dukungan Perlengkapan Lainnya Pasca Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan/atau Walikota.
Menurut Divisi Logistik sekaligus Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan, pembongkaran kotak suara telah dimulai 18 September 2019 dan direncanakan akan selesai dalam waktu 20 (dua puluh) hari.
“Kotak suara yang akan kami bongkar terlebih dahulu adalah yang berlokasi di Gedung Graha Kamila, Grecol, Kalimanah. Kemudian kami akan membongkar kotak suara yang berlokasi di gudang belakang kantor KPU Kabupaten Purbalingga,” Eko menambahkan.
Dalam pembongkaran kotak yang dilaksanakan tanggal 18 September 2019 kemarin, turut disaksikan pula oleh Bawaslu Kabupaten Purbalingga serta Polres Purbalingga.
Kemudian isi dari kotak suara tersebut akan diarsipkan dengan berpedoman pada Jadwal Retensi Arsip surat suara yang diatur dalam Peraturan KPU yang mengatur tentang Jadwal Retensi Arsip.